Kerja Cerdas

"kalo kebanyakan khawatir justru bakal bikin kita banyak mikir dan akhirnya do nothing" pukul 21.51 kalimat itu aku lontarkan untuk kawanku yang sedang frustasi karena peraturan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN mengalami sedikit perubahan peraturan karena semakin banyaknya persaingan sehingga seleksi ini semakin diperketat. 

Entah atas dasar apa, aku bisa melontarkan pesan yang cukup menggugahnya untuk semakin kuat dalam ikhtiar. Mungkin, aku akhirnya menemukan pola kecerdasan atas kerja keras yang aku rutinkan sehari-hari. Ternyata benar, kerja keras dapat melahirkan kerja cerdas. Kerja cerdas itu suplemen, tapi semua tetap harus dijalankan dengan kerja cerdas. Kalau kita masih punya waktu luang, umur yang muda, energi yang banyak, dan uang yang bisa kita korbankan untuk kerja keras, mengapa tidak?

Ketika kita pada akhirnya mendapatkan fase di titik terendah bumi, mungkin? Kita mendapatkan kecerdasan pikiran karena apa-apa yang telah kita korbankan. Meski semuanya tiba-tiba Allah ambil, tapi ilmunya tidak pernah Allah ambil, sehingga kedepannya pola kecerdasan kita itu semakin meningkat. Ini artinya kita naik kelas. Seragam lama kita tinggalkan, seragam baru kita pakai, dan kita akan menjelajahi tempat baru nantinya.

Pernah sesekali aku tidak sengaja menonton sebuah video yang dishare oleh teman yaitu tentang hati yang tidak perlu ikhtiar. Ya! Ikhtiarnya hati itu berupa rasa ragu,cemas dan takut akan apa yang kita hadapi. Dan menurut pembicara dalam video ini, hal ini salah. Karena, yang bertugas untuk ikhtiar adalah tubuh. Selanjutnya hati, hanya bertugas untuk berserah diri pada sang ilahi. Sesimpel itu tugas kita di dunia, kita hanya perlu bekerja keras, urusan hasil, biarkan Allah yang beri. Allah maha melihat atas apa yang kita kerjakan, Allah maha mengetahui hati yang ragu,takut,dan cemas. Jangan sesekali ragukan "Kun Fayakun" Allah. Semua akan ia berikan kepada hambanya yang ia ridhoi.

Semoga kita menjadi salahsatu hamba yang diridhoi oleh Allah. Aamiin..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KERAJAAN MATARAM KUNO

Cara Mengganti Background Blog Bergerak

Kumpulan Puisi Bahasa Inggris

PUISI CINTA

Presiden Pengganti Yang Terlupakan