Makna Merdeka Bagiku

bissmillahirramanirrahim..
Assalamu'alaikum good readers!! salam dariku, sudah lama aku tidak mengunjungi blogku ini ehehe. Postingan lamaku yang aneh-aneh takkan kuhapus, agar kalian tahu bahwa aku pernah menjadi ulat yang kini bermetamorfosa, meski belum sepenuhnya menjadi kupu-kupu tapi biarkan aku terbebas sendiri dari cangkang kepompongku. Jangan dibantu dengan gunting, biarkan aku terbebas sendiri dari cangkang kepompongku ini. Percayakan saja padaku bahwa aku cukup kuat untuk terbebas.

Ngomong-ngomong tentang kebebasan, izinkan aku kaitkan dengan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada hari ini, 17 Agustus 2017. 72 tahun usia negaraku ini, yang "katanya" telah terbebas dari penjajah. Hmmm, memang benar kali ini kita telah terbebas dari penjajah, tapi apakah kalian yakin bahwa kita telah merdeka seutuhnya?

Ya! pertanyaan ini rasanya selalu muncul tiap tahunnya, dan pasti sebagian dari kalian bertanya "Nah loh lu ga percaya apa bahwa negara lu dah merdeka?" dan mungkin sebagian lainnya "Ih iya juga, rasanya Indonesia tuh begini-begini aja, terus aja jadi negara berkembang, kapan majunya coba? Padahal kita kaya loh sumber daya alamnya blah blah blah"

STOP!!!
Sudahlah sudah, aku pun begitu kok. haha. Asal kalian tau, aku pun kebingungan sama semua rakyat indonesia yang membelenggu dirinya didalam kebodohan,kemiskinan,dan keburukan lainnya. Padahal, Allah telah memberikan kekayaan yang berlimpah untuk negeri ini. Kekayaannya bahkan banyak diincar oleh negara lain, atau bahkan memang dikeruk oleh bangsa lain?

Sedih rasanya, jika kita terus-terusan merasa negara ini belum merdeka seutuhnya, dan bahkan banyak diantara kalian yang tidak yakin bahwa negara ini bisa maju. Aku bahkan menjadi salah satu manusia yang ragu akan kemajuan negeri ini. Kenapa? karena pemikiran-pemikiran rakyatnya ini terlalu terbelakang, malas, dan aaah sangat disayangkan pokoknya. Jadinya mudah dipecah belah, mudah ditipu dengan berita hoax, mudah diiming-imingi dengan hal kecil dan lainnya. Itu terlalu menyedihkaaan..

Lalu, aku manusia yang ragu ini sedikit berdiskusi dengan seseorang, kubahaslah cerita ini. Dan ia pun bilang kalo misalkan kita ragu akan kemajuan bangsa ini, maka bakal susah majunya. Kalo kamu ngerasa bangsa ini susah maju, maka pelajari apa yang salah. Pasti banyak juga kok yang berpikiran sama kayak kamu, asalkan kamu jangan ragu akan kemajuan bangsa ini. Karena, itulah yang bikin negara ini tadinya mau maju, eh jadi mundur lagi karena kurangnya kepercayaan kamu atas negara ini.

Darisana, aku merenung sebentar. Betul juga ya, kalo misalkan kita terus-terusan mikir "Ah indonesia mah ga akan maju-maju, susah ngajak manusianya jadi baik blah blah blah" terus kita bakalan terus kayak begitu, setiap ucapan adalah do'a, kalimat ini itu nyata. Perkataan kita itu yang akan mencerminkan keadaan kita ke depannya. Karena teman diskusiku ini alumni pesantren, maka kata-katanya pun cukup menancap ia tanya padaku begini, "be, emang makna merdeka menurut kamu itu apa?" begitu tanyanya. Aku jawab "ya terbebas, terbebas dari segala bentuk kemiskinan, kebodohan,dan keburukan lainnya. Dan kita itu terbebas dari perintah orang lain alias dijajah." dia tersenyum mendengar ucapanku yang seperti itu. Dia bilang padaku "be, merdeka itu emang bener persis seperti apa yang kamu bilang. Merdeka artinya kita terbebas dari penghambaan terhadap makhluk lain. Tapi, jangan lupa loh be, kita itu tetap menjadi hambanya sang pencipta yaitu Allah swt. Kalo kamu masih mentingin pandangan orang lain terhadap kamu, terus kamu masih peduliin mereka yang benci sama kamu, maka kamu belum merdeka seutuhnya. Begitu juga untuk negara kita, kalo kamu yakin kalo kamu bisa membuat negara kita berubah statusnya dari negara berkembang menjadi negara maju, maka kamu gak usah peduliin sama mereka yang ragu."

jleb!
Aku ngedengernya langsung malu. Aku tipe manusia yang masih peduliin pandangan oranglain, aku belum merdeka!!! AAAAAAH!! lebay sih tapi iya, aku sendiri sebagai warganya belum menjadi warga yang merdeka seutuhnya. Tapi, malah sok sok an nanyain Indonesia udah merdeka seutuhnya apa belum, jadi malu... HE HE HE

Maka kesimpulannya, merdeka sebenarnya adalah terbebas dari penghambaan terhadap makhluk lain. Maka, mari menghamba hanya kepada Allah saja. Percaya dirilah bahwa kita bisa merdeka seutuhnya, jangan pernah ragu akan keberadaanNya. Jika memang ingin merdeka seutuhnya, berjuanglah!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH KERAJAAN MATARAM KUNO

Cara Mengganti Background Blog Bergerak

Kumpulan Puisi Bahasa Inggris

PUISI CINTA

Presiden Pengganti Yang Terlupakan